My God--Have I been hijacked?

>> Sunday, September 4, 2011


KEJADIAN aneh terjadi pada saya. Mungkin memang saya yang terlalu paranoid, atau memang kenyataannya kalau seseorang--yang mengaku fans 'Lea' ini agak... 'miring'

Tanggal 27 Agustus lalu, seseorang menyambangi saya via inbox facebook. Mengaku bernama: Miss UK (bukan nama sebenarnya), dia berpesan:
Hi...
kau penulis cerbung
LEA: A dedication for Jr. Rorimpandey,ya?
I like you stories.
So,please add me.

Sebagai seorang penulis yang senang karyanya diapresiasi, saya pun tanpa pikir panjang meng-add-nya sebagai teman. Membalas pesannya, mengatakan, kalau saya sudah meng-addnya, serta mengucapkan terima kasih atas kesukaannya pada 'Lea'.
Dia pun membalas, namun entah kenapa membuat saya jadi mengernyit.

Kau tahu, nama panggilanku di club karate?
LEA.
Dan sejak ada cerbung-mu,aku jadi terkenal.
Jujur,aku juga fans CJ juga
CJ is my inspiration.
Karna dia,for the 1st time,aku berani tinggal sendiri di apartemen di Jakarta.
Lho,kok,jadi curhat,ya..?
Sorry.
Harusnya,i'm in UK with my parent.
But,I'll be waiting for CJ.
So,aku sendiri di Jkt.

Curhat yang menurut saya... absurd. Apalagi, ketika saya menemukan betapa 'sepi' akun facebook-nya; temannya hanya sekitar 28 orang yang kebanyakan adalah anggota fanpage Juna (Jrex), dan tak ada foto diri yang membuktikan kalau dia bukan robot atau manusia dengan identitas pasti.
Meskipun begitu, saya tidak mau ambil pusing, menganggap kalau si Miss UK yang mengaku-ngaku punya nickname 'Lea' ini cuma abg yang sedang dalam misi pencarian jati diri.

Namun semalam, 2 September, saya mendapat pesan baru lagi dari si Miss UK:
good night, miss...
aku mau tanya sesuatu; LEA nggak sakit asma&anemia, kan?
please reply.
your fans
Miss UK

Saya pun menjawab kalau 'Lea' tidak mengidap 2 penyakit itu. 
Bertanya kenapa dia menanyakannya. Dan dia menjawab--jawaban yang langsung membuat alis saya naik dua senti:

coz... aku nggak mau dibilang kalau account facebook ini; penjiplak LEA-nya Miss Lita

Saya (mata membeliak):

  • maksudnya?
  • aku gak ngerti...

    Miss UK:
    memang miss belum lihat isi fanpage CJ?
    ada tentang harley. itu semua tentang aku.dan mereka bilang akun ini palsu.

Saya:
tentang 'kamu' gimana? Jadi tambah gak ngerti...

Miss UK:

  • mereka pikir; aku adalah orang lain yg pura-pura menyamakan LEA anda.
    aku coba jelasin;aku beda sama LEA.
Aku suka Harley. But,mereka malah menganggap aku adalah pembohong yg sok glamor

Saya--berusaha tenang meskipun mata sudah menyipit berbahaya:
apa kamu berusaha nyamain diri kamu sama 'Lea'?

Miss UK:
karna aku ga mau disamakan sama LEA,aku bilang kalau aku suka Harley.
Aku menjabarkan semua kegiatanku sehari-hari.

Saya:
Kamu dan Lea jelas beda. Kamu adalah kamu di dunia nyata, sedang Lea cuma karakter yang dibentuk untuk sebuah cerita roman.

  • Kalau saranku... be yourself
  • temukan 'Lea'mu sendiri
  • yang pasti lebih baik
  • satu hal... kalau kamu itu Lea yang aku tulis, kamu pastinya bisa Bharatanatyam kan?
  • Gampang jawabnya

Miss UK:
Aku tahu&aku mencoba melupakan semua hal buruk yg terjadi mulai dari tadi siang.
Tapi mereka terus menjepit aku.

Kepala saya langsung dipenuhi tanda tanya. Curhatnya ini kedengaran... aneh. Konyol.  

Miss UK:
jujur...
aku ga suka tarian India.Aku lebih suka hip-hop/breakdance.
dan aku;jauh dari kata "feminin"

Saya:
nah itu aja udah beda...
Just be yourself okay. Boleh ngefans sama seseorang atau sesuatu, tapi kamu tetep harus jadi diri kamu sendiri.
  • Jangan sampai dibilang krisis identitas
  • atau penjiplak
gak enak dengernya kan
Setelah itu dia tidak membalasnya lagi.


Merasa aneh dan penasaran, saya pun langsung bertanya pada mbak Enno, yang kebetulan sedang online, apa yang sebenarnya sedang terjadi. Apa hanya kecemasan saya, kalau karakter 'Lea' sedang dibajak oleh seseorang yang mengaku-ngaku punya nama panggilan serupa, punya keluarga di Great Britain, atau memang sebenarnya memang 'Lea' sedang dibajak dengan sepengetahuan saya? My God.
Dan Mbak Enno tak ada banyak kata darinya selain, "Posting di blog besok, biar dia malu. Dan tunggu reaksinya."
....................................


Dua hari yang lalu, saya memang bermaksud memosting perihal si Miss UK itu. Berpikiran kalau dia telah menjiplak Lea. Khawatir kalau saya mengalami plagiat habis-habisan seperti halnya yang terjadi sama Mbak Enno, Mbak Iwied dan beberapa blogger lain, yang beberapa bulan lalu sempat meradang karena kasus itu. Emosi jiwa. 
Tapi... kemudian saya kembali berpikir... Miss UK itu... tidak menjiplak apa pun dari saya. Dia hanya berkata pada saya--lebih bisa disebut curhat sebenarnya, kalau dia... sangat menyukai 'Lea'. She's a fan of me through Lea. Dia mengikuti ceritanya, dan dia hafal tiap detil kalimat yang saya tuliskan. For me... it's big--though she's expressed it weirdly. She loves Lea.

Dia hanya... mengimplementasi 'Lea' dalam dirinya; seorang perempuan rekaan yang mungkin mewakili banyak perempuan yang ingin seperti Lea; tinggal di apartemen sendirian tanpa memikirkan uang, memiliki teman selebriti, populer dan terutama, dapat berinteraksi dengan... Juna. Jujur... saya juga ingin (LOL).
Dan... ternyata bukan Miss UK saja, karena ada beberapa pesan di inbox saya dari orang-orang yang berbeda, mengatakan kalau mereka sangat mirip dengan 'Lea'--suka tari bollywood, tinggal di apartemen yang bersebelahan dengan artis ini atau artis itu, dan konyolnya lagi, sampai curhat masalah keluarga segala: "aku punya adik cowok, Kak. Sama seperti Lea. Papa dan Mamaku, entah deh..."
Bukannya kesal, saya jelas malah tertawa. Mengetahui betapa banyaknya perempuan di luar sana, menginginkan kehidupan seperti 'Lea'. 
Bahkan ada yang terang-terangan berkata, "Kalau difilm-in pilih aku ya. Aku mirip sekali sama Jessica Alba. Malah di kampus, aku dipanggil Jessi." *Ha ha ha ha ha ha ha* Konyol. Sangat.


Jadi... itu yang saya ceritakan untuk hari ini. Sesuatu yang tadinya mengesalkan dan kemudian berubah menjadi sesuatu yang bisa ditertawakan. 
Mungkin akan lain ceritanya bila suatu hari saya menemukan tulisan-tulisan hasil karya saya tertempel di dinding blog orang lain, dan diakui sebagai hasil karya orang tersebut. Saya pasti akan murka. Mencecarnya habis-habisan, dan kalau bisa mengadukannys ke Polisi, dan kalau ketemu saya akan semprot dia habis-habisan--kalau Polisi mau menangani kasusnya dengan serius.


Anyway... that's all for today. An update that makes me grin. Thank you Guys, for catch up. See yah.
gambar dari sini
Keep writing with style
..................
PS:
I do really happy I met someones like 'falling eve', 'methamorp', and 'glow', whom suddenly appeared from nowhere some months ago. Gave me noisy comments to every post that I made, makes me laugh, overwhelmed, and give me spirit to keep write anything that burst out from my head.  Made me believe that writing is not a sin, but pure. Pure from mind, body, and soul.
They've showed me that. Thank you...










18 comments:

EnnyLaw September 4, 2011 at 10:53 AM  

ya ampun separah itu ya..
huh, untung aja aku bukan orang yg spt itu, fiuh..

kalo aku mungkin udah ketakutan,hahhaa

btw blm dilanjutin lagi ya cerbung'a..aku tunggu yahh

l i t a September 4, 2011 at 10:57 AM  

@Enny: Iya. Parah 'anehnya'. Nakutin emang, pertamanya. Tapi lama2 aku jadi ketawa sendiri. Ada-ada aja abisnya.

Lia September 4, 2011 at 11:51 AM  

aku merinding serius deh mbak, hiii, jangan smpe dibajak dhe. ngebayangin krisis jatidiri smpe niru karakter fiktif gitu, aku ga kebayang deh, -__-

Inggit Inggit Semut September 4, 2011 at 11:51 AM  

aku penasaran bgt sm miss uk, tapi aku gak ngerti sama semua pesan2nya. Tp aku penasaran, tp aku gak ngerti -_-aku penasaran bgt sm miss uk, tapi aku gak ngerti sama semua pesan2nya. Tp aku penasaran, tp aku gak ngerti -_-

Enno September 4, 2011 at 3:05 PM  

mental illness, lit....
ga ada kesimpulan lain

:P

Selfish Jean September 4, 2011 at 4:30 PM  

Ini kok makhluk2 di internet pada nongol bareng2 gini sih? Apa Halloween sekarang dimajuin ya? :s

Sabar ya Lit! Semangat! Yang 'sehat' men-support! :)))

ann September 4, 2011 at 5:54 PM  

Hemm.. Efek samping being popular baik penulisnya maupun tulisannya.. B'arti mba lita sukses tuh bikin cerbungnya.. ;) think positive 'n positive think'n aja mba..

Anyway, pake 'simpati' aja jgn pake 'emosi'..

Ayooo... Maju terus mba lita.. Cemangaaatttt!!!

l i t a September 4, 2011 at 6:38 PM  

@Enno: menurut aku, krisis jati diri, mbak.

@Exa: Iya ya. Udah mau Halloween soalnya. Emang ada2 aja orang2 itu.

@Ann: Makanya aku mikir dua kali sebelum marah2. Jadinya ketawa aja. Karena emang konyol.

deeo September 4, 2011 at 7:15 PM  

mbak , serem banget deh!masa dia gak bi8sa bedain kenyataan ma karangan?ati-ati lho!

l i t a September 4, 2011 at 8:01 PM  

@Dee: aku baru dikasi info sama anak JRex, kalau ternyata dia juga ber'koar di forum. Pas anak2 minta pembuktian tentang apartemen dan segala Harley, yang dia bilang punya, dan dia bilang gak bisa, karena dia gak suka foto, mereka pada ngejek dia abis2an. Berarti emang krisis tuh anak. Ketawa jadinya...

Enno September 5, 2011 at 5:46 AM  

nope. bkn krisis identitas. krn... krisis identitas adalah suatu masa dimana seorang individu berada pada tahap perkembangan remaja (kt sepupuku yg psikolog).

klo udah bkn remaja labil tapi mengkloningkan identitas dirinya dgn figur & kepribadian seseorang (nyata ataupun fiksi), itu udah mental illness.

sekian.

ehehehehe...

Poey September 5, 2011 at 7:53 AM  

ka'litaaa...banyak yg bilang aku kaya dewi perssik.
penuh kontroversi.gmn dong?akakakakak...
sakit jiwa dia,kaya aku!
mungkin dia cuma kepengen eksis,tp ga pede sama dirinya sendiri.
kasihani aja lah ka...

masih lebih parah temenku dulu.
saking nge-fansnya sama satu artis korea,
dia sampe dgn gmpangnya percaya kl dia berteman sama si artis lewat fb.
dan dia dibodoh2i dgn drama si artis akhirnya naksir dia.
temen2 artis si artis jd temennya juga.mereka berkomplot pake account palsu.

beda kasus sih sama cerita ka lita,
tapi keduanya nunjukin kalau figur seseorang (fiksi atau pun nyata) bisa berpengaruh gede bgt.
yg ptg hrs bisa bedain kenyataan dan khayalan.

rona-nauli September 5, 2011 at 9:32 AM  

bener kata Enno, ini mental illness. aku jadi miris, Lit...jangan2 di luar sana banyak yg kaya gini :(

sesungguhnya setiap individu itu sempurna dalam ketidaksempurnaannya. itu hakikat penciptaanNya dalam pemahamanku :)

#peluk Lita erat2#

l i t a September 5, 2011 at 11:59 AM  

@Enno: Iya mbak. Distorsi mental. Gak bisa bedain dunia nyata ma dunia maya atau khayal.

@Poey: masa sih? Walahhhhhh! Parah gitu ya? Serem ih!"

@Rona: Pasti banyak mbak. Aku sih seneng mereka suka karakter "lea" tapi... serem juga kalau mereka sampe ngaku2 gitu. Mental disorder banget.

ila September 5, 2011 at 6:30 PM  

kok aku serem ya mba? -_-
itu dia terlalu mengimajinasikan sesuatu yang gak nyata apa gimana ya?

Gloria Putri September 6, 2011 at 9:43 AM  

aq baru sempet jalan2 mbaaaa

parah yaaa
krisis identitas gt..
ckckck...
aq juga suka merasa terganggu mba sama org2 aneh,tp gag sampe aq posting gt sihh...takut menyinggung orgnya, solusiku ya aq menghilangkan FBku di blog supaya gag ganggu2 FB ku...(banyak yg ganggu soalnya akhir2 ini dan gag penting2 rata2)

aniway, aq juga seneng ketemu km di dunia blog ini:) lain kali ada session 2 tarotan yaaaaa
wkwkwkwkwkkw

l i t a September 6, 2011 at 11:12 AM  

@Ila: Mungkin terlalu ingin menjadi sesuatu yang lebih dari dirinya sekarang,La.

@Glo: Ngilangin FB sih aku nggak. Karena aku juga jarang post sesuatu, kecuali si 'Lea'... Hihihihi.

Asop October 5, 2011 at 10:52 AM  

Betapa luar biasanya para fans yang menyenangi serial cerbung LEA itu ya... :)

Post a Comment

Please, do leave comments

Related Posts with Thumbnails

Suka Kata-kata Ini

"You know those hugs? The ones where you're held real close and then they pull you even tigher, as if you might disappear from their life at any second? The ones that make the world disappear and everything better? Yea I'd love one of those, please."
-Indar Mahardian's Words-

Tentang Saya

My Photo
Indar Meilita
Lita is my nick name. A Taurus. Also a melancholy - choleric person. I love my Job as an HR, but I also a TAROT card reader. Complicated indeed, but sincere. I have married, and still going strong til today. Haven't got children yet, but still, I'm grateful and more grateful everyday.
View my complete profile

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP