Postingan asal yang dibuat biar kelihatan kalo yang punya terus update blog

>> Wednesday, January 12, 2011

Sebenernya saya gak tau harus menulis apa lagi di blog saya yang sepertinya udah banyak banget sarang laba-labanya ini, saking si empunya blog rada-rada stuck pikirannya belakangan ini. Tapi, berubung sempet baca di Bali Post kemarin tentang OCD--Obsessive Compulsive Disorder, jadi sepertinya... itu yang akan saya bahas di postingan dadakan saya ini.

So, let' start
............................................

OCD adalah singkatan dari Obsessive Compulsive Disorder (Obsesif Kompulsif)
Semacam gangguan kecemasan, dimana penderitanya memiliki pikiran dan ketakutan yang gak masuk akal,

babi bawa pedang? mustahil banget.
dan akhirnya membuat penderita OCD tersebut melakukan sesuatu dengan berulang-ulang untuk meredakan kecemasannya.

Sebenernya sih, orang dengan OCD itu tau pasti kalo apa yang ada di pikirannya tuh sinting dan cenderung mustahil, dan dengan sadar mencoba untuk gak ngegubris pikiran2 itu, serta berusaha untuk gak ngelakuin tindakan2 obsesif tersebut. Sayangnya, semakin dia nyoba untuk mencegah dirinya untuk gak worry atau berusaha mencegah untuk ngelakuin tindakan aneh, dia jadi merasa dua kali lipat lebih tertekan dan lebih tegang daripada sebelumnya. Dan pada akhirnya malah berujung dengan si penderita melakukan tindakan lebih konyol lagi dalam upayanya untuk meringankan kecemasan, keresahan, kegelisahan yang dideranya.

Obsesif-kompulsif sering kali punya obsesi aneh seperti takut terkontaminasi oleh kuman. Jadi untuk menghindari ketakutan akan terkontaminasi bakteri tertentu, dia terus-terusan cuci tangan sampai sakit dan pecah-pecah--bagi orang2 normal, tentunya hal ini konyol banget, kan? Meskipun si penderita udah berusaha keras, pikiran obsesif-kompulsif itu terus datang kembali. Hingga akhirnya obsesi tersebut mengendalikan pikiran yang mengarah pada perilaku perilaku ritualistik.



Penyebab obsesif-kompulsif tidak sepenuhnya dipahami. Teori utama tentang penyebab ini menyatakan bahwa OCD berkaitan dengan idiologi, lingkungan, serotonin, dan radang tenggorokan.

Gejalanya:
* Takut kontaminasi atau kotoran (saya takut sama tinja--termasuk obsesif-kompulsif-kah)
* Impuls agresif atau mengerikan (siapa juga yang gak takut sama setan serem? Galak lagi.)
* Obsesi pada gambar sensual (walah, semua manusia di dunia pasti membelalak aja ngeliat gambar sensual)

Perawatan
OCD sulit untuk disembuhkan dan mungkin belum ditemukan obat penawar. Penderita membutuhkan pengobatan untuk sisa hidup mereka. Pengobatan OCD dapat membantu penderita mengendalikan gejala sehingga mereka tidak memerintah kehidupan sehari-hari penderita. Dua perawatan utama untuk OCD antara lain psikoterapi dan obat. 

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.

................

Jadi, setelah ngebaca tentang si OCD ini, saya jadi punya praduga tersendiri pada diri saya--dan saya yakin bukan cuman saya aja, yang punya praduga mirip begini, melainkan banyak orang yang mungkin merasa kalau dirinya... kayanya... mengidap OCD, deh.

Saya sih gak pernah ngulang cuci tangan sampe ratusan kali karena cemas, tapi berulang2 ngecek itungan gaji karyawan sih sering (itu pun karena takut itungannya salah, Finance Controller saya galak soalnya). Jadi, bisa gak itu dikategoriin gejala OCD?
Saya juga sering didera kekhawatiran tak beralasan tentang sesuatu. Mood naik-turun. OCD-kah?
Kalau dipikir-pikir kayanya kegelisahan saya masih di batas kewajaran deh.OCD? Sepertinya tidak.
Ah--hanya ketakutan yang tak berdasar.
OCD?

0 comments:

Post a Comment

Please, do leave comments

Related Posts with Thumbnails

Suka Kata-kata Ini

"You know those hugs? The ones where you're held real close and then they pull you even tigher, as if you might disappear from their life at any second? The ones that make the world disappear and everything better? Yea I'd love one of those, please."
-Indar Mahardian's Words-

Tentang Saya

My Photo
Indar Meilita
Lita is my nick name. A Taurus. Also a melancholy - choleric person. I love my Job as an HR, but I also a TAROT card reader. Complicated indeed, but sincere. I have married, and still going strong til today. Haven't got children yet, but still, I'm grateful and more grateful everyday.
View my complete profile

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP