Diklaim Lagi... di klaim lagi...

>> Friday, August 21, 2009

ADA apa sama Malaysia, negara yang ngakunya satu rumpun sama Indonesia tanah air tercinta saya ini?

Lagi2 mengakui budaya yang bukan miliknya.
Tahu sih, emang... kebudayaan Indonesia lebih unik, menarik dan mencengangkan, pokoknya lebih keren dari yang negara itu punya, tapi, apa hal itu bisa membuat negara itu mengakui dengan seenaknya, tanpa ijin or permisi seni dan budaya negara lain sebagai miliknya.

Kayanya ada something wrong deh, di kepala orang yang buat iklan 'Visit Malaysia' yang lagi santer dibahas dimana-mana itu.

Sebagai orang Bali, saya jelas terbahak-bahak plus geleng-geleng kepala, waktu salah satu stasiun televisi swasta ngeberitain kalo Tari Pendet diakuin sama Malaysia (lagi-lagi? setelah reog, batik dan wayang kulit? Gosh!). Emang Bali masuk mana?
Dari letak di peta, jelas-jelas nggak ada deket2nya sama Malaysia...
Aduh...

Saya sih nggak anti-Malaysia, hanya saja,... saya heran.
Kok bisa2nya mengklaim sesuatu yang jelas2 gak ada koneksi sama sekali dengan kebudayaan melayunya itu.
Tari Pendet, jelas2 gak ada unsur melayu.
Lagian sejak kapan di Malaysia ada gamelan, gendang, gong, dan ceng2?
Musik tradisionalnya bukannya Rebana?

Bener2 deh.

Ini harusnya jadi pe-er besar buat pemerintah sekarang.
Udah waktunya mulai menengok seni budaya sendiri... dan menggagas seluruh penduduk untuk tetap melestarikan kekayaan kultur seni budaya bangsa kita.
Ngasi sedikit ruang bernapas para pelaksana seni, pencinta seni, yang cinta mati sama seni budaya bangsa... berkomunikasi lebih intens dengan para budayawan. Para tokoh...
Mulai mencontoh negara yang sukses mempromosikan budayanya, contohnya deh, India, Korea, bahkan Afrika... Bagaimana cara mereka bisa sampe Go-Internasional dan punya hak paten sendiri, tanpa harus banyak omong?
Apa salahnya sih melestarikan sesuatu yang membuat nasionaliti kita makin tinggi...
Toh kita juga yang kecipratan baiknya...

Ya nggak?

0 comments:

Post a Comment

Please, do leave comments

Related Posts with Thumbnails

Suka Kata-kata Ini

"You know those hugs? The ones where you're held real close and then they pull you even tigher, as if you might disappear from their life at any second? The ones that make the world disappear and everything better? Yea I'd love one of those, please."
-Indar Mahardian's Words-

Tentang Saya

My Photo
Indar Meilita
Lita is my nick name. A Taurus. Also a melancholy - choleric person. I love my Job as an HR, but I also a TAROT card reader. Complicated indeed, but sincere. I have married, and still going strong til today. Haven't got children yet, but still, I'm grateful and more grateful everyday.
View my complete profile

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP